Pages - Menu

2014-03-26

SEJARAH DAERAH NUSUKAN

Kantor Kelurahan Nusukan.

Selamat pagi para pengunjung blog, disini saya akan memaparkan sejarah daerah Kelurahan Nusukan. Siapa yang sudah mengerti tentang Sejarah Nusukan ?? Dari cerita sesepuh setempat dan sumber dari artikel wikipedia , Nusukan memiliki cerita asal mula sejarah.

Untuk sekilas, Nusukan merupakan kelurahan bagian dari Kecamatan Banjarsari berlokasikan di Solo bagian Utara. Kantor Kecamatan Banjarsari ini dulunya berlokasikan didaerah Banjarsari, dan kemudian Kantor Kecamatan ini berpindah kedaerah Banyuanyar.

Nusukan sudah ada pada era Kejayaan Mangkunegaran. Pada jaman dahulu kala, disaat Kerajaan Mangkunegaran berjaya, banyak daerah daerah yang dikuasai, selebihnya yaitu Surakarta mulai dari Jl.Slamet Riyadi sampai Solo Utara dikuasai oleh Kerajaan Mangkunegaran. Kerajaan ini sangat kaya raya akan potensi daerah dan kepandaian para Raja / Pemimpin Kerajaan. Pemerintahan disaat itu sekitar tahun 1927 Mangkunegaran sudah banyak membangun daerah potensial, dibantu oleh para Insinyur dari Jerman, dan Negara Daerah Eropa maka dikawasan kerajaan Mangkunegaran dibuatlah bangunan yang berpotensial. Misalkan Pabrik Gula diColomadu, lalu dikawasan Banjarsari terdapat pula lintasan pacuan kuda pada jaman dahulunya. Terdapat villa villa berarsitekturkan bangunan Eropa, bisa dilihat dari daerah solo balapan. SMP N 4 Solo, sampai dengan Tugu Pahlawan Banjarsari, jalan yang dilalui adalah melingkar seperti arena pacuan kuda, memang jaman dahulu disanalah tempat pacuan kuda. Daerah Kerajaan Mangkunegaran juga dibilang kaya raya akan potensinya seperti bangunan hotel hotel berbintang.Sebelum bersatu dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayah ini masih dikuasai oleh Kerajaan Mangkunegaran dan pada saat proklamasi, Kerajaan tersebut menyatu dengan NKRI. Dimana kekuasaan dan pemerintahan dibagi menjadi beberapa bagian seperti rt,rw,lurah,camat,walikota. Pemerintahan Inilah yang saat ini kita kenal mulai dari tingkat keluarga rukun tetangga, warga sampai gabungan dari beberapa daerah.

Nah untuk daerah Nusukan ini, diceritakan bahwa dulunya Kerajaan Mangkunegaran memiliki pemikiran bahwa bagaimana cara menangani banjir jika air meluap adalah membangun jalur air/ sungai. Dan akhirnya Kerajaan Mangkunegaran pun membuat jalur air yang sekarang termasuk KALI PP atau Kali Anyar, yang lokasinya di jembatan dekat Terminal Tirtonadi Solo itulah mulai dibuat. Dimana aliran airnya dibuat menusuk langsung terhadap aliran Bengawan Solo untuk menangani datangnya Banjir. Sehingga dari kata menusuk tersebut, orang jaman dahulu menyebut daerah tersebut dengan sebutan NUSUKAN agar mudah di ingat dan dikenal. Dikawasan ini juga memiliki pasar Tradisional pada jaman dulunya, dikarenakan pasar Tradisional kurang tertata rapi, kurang bersih dan sering membuat macet, maka pasar Nusukan direnovasi sedemikian rupa menjadi pasar tradisional yang memiliki bangunan modern.

Jembatan Kali PP Nusukan



Kantor Kecamatan Banjarsari - Lokasi Banyuanyar

Tugu Nusukan - Lokasi Dekat Jembatan Kali PP

Pasar Nusukan Solo

2 komentar:

  1. Bagimana tentang sejarah DAM Tirtonadi itu sendiri???
    THX :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dam tritonadi sudah nggak ada termasuk taman tirtonadi dan blumbang irian serta blumbang kodoknya sekarang menjafi perluasan terminal tirtonadi sisi barat

      Hapus